#2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menurut para ahli atau pakar adalah pokok pembahasan materi pelajaran psikologi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun point pembahasan mengenai apa saja hal yang menjadi faktor yang sangat mempengaruhi tingkat prestasi belajar didalam belajar pendidikan psikologi yakni antara lain :
1. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menurut Sumadi Suryabrata.
2. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menurut Nana Syaodih Sukmadinata.
Salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap prestasi belajar seseorang adalah terletak pada konsep diri. Adapun kata konsep diri merupakan berasal dari bahasa Inggris yakni self concept yang mempunyai arti suatu konsep tentang individu itu sendiri yang mana meliputi tentang :
1. Bagaimana orang memandang,
2. Bagaimana orang memikirkan serta,
3. Bagaimana orang menilai dirinya.
Sehingga tindakan-tindakan yang dilakukan individu tersebut telah sesuai dengan konsep diri yang terdapat pada dirinya.
Baca juga : Pengertian Belajar Dan Pembelajaran
Oleh karena itu, konsep diri kemudian dianggap sebagai suatu kunci yang mengatur dan juga mengarahkan tingkah dan perilaku manusia, yang dengan kata lain bahwa, perilaku individu akan sesuai dengan cara individu memandang dirinya sendiri.
Didalam prestasi belajar, menurut Sumadi Suryabrata (2002: 233) pada teori dan konsepnya yang mengklasifikasikan mengenai #2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Faktor yang berasal dari luar diri (eksternal) yaitu yang terdiri dari :
a. Faktor non sosial
Faktor non sosial seperti udara, suhu, cuaca, waktu, tempat, alat-alat yang dipakai untuk belajar.
b. Faktor sosial
Faktor sosial seperti faktor manusia.
2. Faktor yang berasal dari dalam diri (internal) yaitu yang terdiri dari :
a. Faktor fisiologis
Faktor fisiologis seperti jasmani, keadaan fungsi fisiologis.
b. Faktor psikologis
Faktor psikologis seperti perhatian, pengamatan, tanggapan fantasi, ingatan, berfikir dan motif.
Baca juga : Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Adapun pendapat lain tentang faktor prestasi belajar menurut Nana Syaodih Sukmadinata (2003: 162) yang menyatakan dan mengklasifikasikan pada teori dan konsepnya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah antara lain dapat dijelaskan sebagai berikut :
1. Faktor-faktor dalam diri individu
a. Aspek jasmaniah
Aspek jasmaniah yang mencakup kondisi dan kesehatan jasmani.
b. Aspek rohaniah
Aspek rohaniah yang menyangkut kondisi kesehatan psikis, kemampuan intelektual, sosial, psikomotorik serta kondisi afektif dan kognitif dari individu.
c. Kondisi intelektual
Kondisi intelektual yang menyangkut tingkat kecerdasan, bakat-bakat baik bakat sekolah maupun bakat pekerjaan.
d. Kondisi sosial
Kondisi sosial yang menyangkut hubungan siswa dengan orang lain, baik guru, teman, orang tuanya maupun orang-orang lainnya.
Baca juga : Pengertian Tujuan Belajar Menurut Pakar / Ahli
2. Faktor-faktor lingkungan
a. Keluarga
Keluarga yang meliputi keadaan rumah dan ruang tempat belajar, sarana dan prasarana belajar yang ada.
b. Sekolah
Sekolah yang meliputi lingkungan sekolah, sarana dan prasarana belajar yang ada, sumber-sumber belajar dan media belajar.
c. Masyarakat
Masyarakat yang dimana warganya memiliki latar belakang pendidikan yang cukup, terdapat lembaga-lembaga pendidikan dan sumber-sumber belajar didalamnya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap semangat dan perkembangan belajar generasi muda.
Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Proses Belajar Dan Hasil Belajar Menurut Ahli
Demikian pembahasan mengenai #2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menurut para ahli atau pakar.
Daftar pustaka
Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumadi Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.