Contoh format pedoman wawancara penelitian skripsi adalah pokok pembahasan materi skripsi dan tugas akhir yang akan dijelaskan dengan lengkap dan detail pada materi belajar berikut ini. Adapun pada pembahasan berikut ini yang membahas mengenai Pedoman Wawancara Penelitian didalam belajar menyusun bagian-bagian skripsi yang akan diuraikan yakni sebagai berikut :
1. Pengertian pedoman wawancara.
2. Contoh pedoman wawancara.
Pengertian pedoman wawancara
Pedoman adalah panduan, petunjuk dan acuan. Sedangkan wawancara adalah percakapan yang berupa tanya jawab yang dilakukan oleh narasumber dan pewawancara yang terdiri dari dua orang bahkan lebih dalam waktu yang telah ditentukan.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pedoman wawancara yakni panduan dalam melakukan kegiatan wawancara yang terstruktur dan telah ditetapkan oleh pewawancara dalam mengumpulkan data-data penelitian baik itu tugas akhir, skripsi, dan lain sebagainya.
Baca Juga : Cara dan Contoh Pembuatan Proposal Bab 1 Skripsi
Contoh pedoman wawancara
Berikut ini adalah contoh format pedoman wawancara penelitian skripsi dengan berdasarkan teori indikator kualitas pelayanan publik Hardiansyah, 2011:46. Simak dan perhatikan pembahasannya sebagai berikut :
PEDOMAN WAWANCARA
(INFORMAN)
Narasumber : MASYARAKAT
Nama :
Jenis kelamin :
Alamat :
Tanda tangan :
1. Tangible (berwujud)
Tangible (berwujud) adalah kualitas pelayanan berupa sarana fisik perkantoran, komputerisasi administrasi, ruang tunggu, tempat informasi.
a. Apa pendapat anda tentang sarana dan prasarana di Kantor PLN Kecamatan Melak ?
b. Bagaimanakah kondisi sarana dan prasarana di Kantor PLN Kecamatan Melak ?
c. Menurut anda, apakah fasilitas di Kantor PLN Kecamatan Melak sudah memenuhi kebutuhan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat ?
d. Bagaimanakah seharusnya sarana dan prasarana di Kantor PLN Kecamatan Melak ?
2. Realiability (kehandalan)
Realiability (kehandalan) adalah kemampuan dan keandalan untuk menyediakan pelayanan yang terpecaya.
a. Bagaimanakah kemampuan pegawai atau staf dalam menyediakan pelayanan yang terpercaya kepada masyarakat ?
b. Menurut anda, apakah pegawai atau staf Kantor PLN Kecamatan Melak telah menguasai tugas dan fungsinya ?
3. Responsivess (daya tanggap)
Responsivess (daya tanggap) adalah kesanggupan untuk membantu dan menyediakan pelayanan secara cepat dan tepat, serta tanggap terhadap keinginan konsumen.
a. Apakah pegawai atau staf selalu ada pada saat jam kerja ?
b. Jika tidak, adakah informasi kapan pegawai atau staf akan kembali melakukan pelayanan ?
c. Apakah anda menanyakan mengapa masih ada pegawai atau staf yang tidak ada pada saat jam kerja ?
d. Apakah pegawai atau staf tanggap terhadap keinginan masyarakat dalam memberikan pelayanan ?
4. Assurance (jaminan)
Assurance (jaminan) adalah kemampuan dan keramahan serta sopan santun pegawai dalam meyakinkan kepercayaan konsumen.
a. Apakah dalam memberikan pelayanan, staf atau pegawai selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan yang telah dijanjikan ?
b. Apakah pegawai atau staf Kantor PLN Kecamatan Melak selalu ramah dan sopan dalam memberikan pelayanan ?
5. Emphaty (empati)
Emphaty (empati) adalah sikap tegas tetapi penuh perhatian dari pegawai terhadap konsumen.
a. Seperti apa ketegasan yang diberikan oleh pegawai atau staf terhadap masyarakat ?
b. Seperti apa perhatian yang diberikan oleh pegawai atau staf terhadap masyarakat ?
c. Dalam melakukan pelayanan, apakah anda merasa masih ada perbedaan perlakuan antara masyarakat satu dengan yang lain ?
Demikian pembahasan mengenai contoh format pedoman wawancara penelitian skripsi.